Sabtu, 05 Maret 2011

Belajar Menghapus Objek Orang di Foto Dengan photoshop

Suatu saat mungkin kita mempunyai objek gambar yang cocok untuk background sebuah karya. Hanya saja, ada gambar orang yang mungkin tidak diperlukan. Dalam tutorial kali ini, saya akan belajar menghapus gambar objek orang dalam foto sehingga memperoleh gambar backgroundnya saja. Jika anda tertarik, silakan ikuti tutorial menghapus objek orang di foto dengan photoshop berikut ini.
Adapun objek kali ini adalah wanita yang sedang menunggu.

Langkah Pertama 1

Buka foto yang akan kita hilangkan objek nya, dalam contoh kali ini saya menggunakan gambar seorang wanita yang sedang menunggu, yang nantinya akan saya hilangkan.

Buat sebuah layer baru (Ctrl + Shift + Alt + N) dan buat sebuah seleksi dari dinding yang menghadap kita (bisa menggunakan Pen Tool atau Polygonal Lasso Tool).
Langkah Kedua 2

Gunakan Clone Stamp Tool untuk menghapus gambar wanita. Karena kita sedang menerapkan seleksi, semua cloning akan dilakukan dalam seleksi, tanpa mempengaruhi bagian foto lainnya. Kita perlu menyimpan seleksi karena nantinya akan kita gunakan lagi. Untuk menyimpan seleksi, langsung ke Select > Save Selection.
Langkah Ketiga 3

Perhatikan bagaimana polanya muncul lagi. Mungkin anda pikir menggunakan Clone Stamp tool dan susah payah menghapus tiap pola akan menjadi solusi. Sebenarnya ada yang lebih mudah, yakni menggunakan Patch Tool, yang lebih sempurna untuk kerjaan ini. Pilih Patch tool dan duplikasi layer dimana kita akan membuat kloning.

Seperti ini semestinya layer-layer anda terlihat (kecuali soal penamaannya, yang berubah mengikuti seberapa banyak layer yang sudah dibuat sejauh ini).


Juga, pastikan bahwa dalam tool Panel Option anda atur sebagai berikut:




Sekarang buat seleksi tak beraturan pada area berpola dan seret ke tempat dimana terdapat area yang bagus.



Dan lihatlah keajaibannya. Anda akan melihat bahwa photoshop menyamarkan area yang dipilih dengan area dimana seleksi tadi diseret, membuat area berpola tidak lagi beraturan namun terintegrasi menjadi satu kesatuan pola dinding. Ulangi langkah di atas dengan menyeret seleksi beberapa kali lagi untuk memperoleh hasil yang bagus. Pilih area berpola lainnya dan ulangi. Lanjutkan terus sampai semua (atau sebagian besar) pola terhapus.
Langkah Keempat 4

Masih ingat seleksi yang disimpan? Panggil kembali dengan klik Select > Load Selection dan balik pilihannya (invert --> Ctrl + Shit + I). Sekarang, dengan Clone Stamp Tool hapus apa yang tersisa dari gambar wanita itu, yakni tangan dan kakinya.




Langkah Kelima 5

Dan sekarang untuk perbaikan. Pilih Filter > Vanishing Point. Tekan C untuk memilih Create Plane Tool dan buat grid seperti terlihat di bawah ini.





  Sekarang tekan S untuk memilih Stamp tool dan mulai menghapus sisa-sisa kaki wanita. Perlu diingat bahwa kloning dilakukan dalam perspektif, berdasarkan grid yang sebelumnya kita buat. Perkecil opacity brush untuk memperoleh blending yang lebih baik.



Langkah Keenam 6

Ok, hampir selesai, saatnya memperbaiki bagian-bagian yang masih kurang sempurna. Perhatikan bagaimana sudut-sudut terlihat tidak nyata karena disitulah seleksi kita berakhir.




Untuk memperbaikinya pilih Clone Stamp tool dan klik untuk memilih titik sumber sebagaimana terlihat di bawah ini, kemudian klik sekali pada dasar sudut dan Shift-click pada titik lebih atas pada sudut.





Saya melakukan beberapa detil kloning lagi yang hasilnya dapat anda lihat dalam gambar akhir berikut.





Dan selesai, itulah tadi beberapa cara Menghapus Objek Orang di Foto Dengan photoshop, Semoga Bermanfaat.
Terima Kasih. :)







 

Komentar :

ada 0 komentar ke “Belajar Menghapus Objek Orang di Foto Dengan photoshop”

Posting Komentar

Translate

Online

Visit My Blog

Flag Counter _ HTML hit counter - Quick-counter.net

Jumlah Pengunjung

Daftar Blog Partner

Powered By Blogger
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by FRENZOPUNYA