Senin, 03 Desember 2012

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit


sempatkah anda berfikir mengenai perbedaan dari windows 32 bit dan 64 bit. hal beginilah yang mungkin tidak terlalu penting bagi anda untuk mengenal perbedaan windows tersebut. tentu bagi teknisi ini sangat penting karena bagaimana kita nanti akan menginstal suatu windows baik itu untuk windows XP, windows 7, dan saat ini yang baru release atau baru keluar yakni windows 8. hal ini sangat penting karena setiap komputer atau laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda. Nah kita langsung saja membahas topik mengenai perbedaan windows 32 bit dengan windows 64 bit.

Inilah perbedaan windows 64 bit dan windows 32 bit 
Dua jenis windows, yaitu windows 64 bit dan windows 32 bit dirilis sejak tahun 2009. Sejak saat itu komputer PC baik laptop maupun desktop yang menggunakan sistem operasi Windows, memiliki dua opsi yaitu Windows versi 32-bit atau versi 64-bit. Perbedaannya terletak pada jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu.
Sebelum kita mengetahui tentang perbedaan windows 64 bit dan windows 32 bit, mari kita ketahui dulu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan kata “bit”, sehingga menjadi pembeda pada kedua versi windows ini. Kata “bit” mengacu pada cara komputer menangani informasi dalam kode binary, cara mengenali sebuah data sebagai rangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit, yang artinya prosesor 32-bit dapat memproses data sebanyak 32 digit sekaligus dalam satu waktu.
System operasi komputer dengan prosesor 32-bit termasuk sistem operasi seperti Windows, memiliki keterangan khusus agar bisa menyesuaikan dengan jenis prosesor, hal yang sama juga berlaku pada prosesor 64-bit. System operasi Microsoft yang dibuat dalam dua versi yaitu windows 64 bit dan windows 32 bit adalah Windows XP dan Vista, Windows 7 dan yang terakhir adalah windows 8.
Perbedaan pada system operasi ini juga memunculkan perbedaan pada processor yang digtunakan. Prosesor 32-bit hanya dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap satu DIMM memory. Sementara prosesor 64-bit secara teori, dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta GB. Prosesor 64-bit juga mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat.
Kita dapat merasakan keterbatasan memori untuk prosesor 32-bit ketika kita menggunakan Windows Vista, yang memerlukan memory kapasitas besar dan kerap kesulitan menjalankan beberapa program secara bersamaan, bahkan bila menggunakan memory dengan kapasitas penuh hingga 4GB sekalipun.
Perbedaan mendasar berikutnya adalah Windows edisi 64-bit dapat menjalankan sebagian besar software yang dirancang untuk edisi 32-bit sedangkan windows 32 bit tidak bisa menjalankan aplikasi yang dirancang khusus untuk windows 64 bit. Selain keunggulan yang dimiliki windows 64 bit juga memiliki kelemahan tersendiri, yaitu sistem operasi 64-bit memiliki sedikit masalah pada driver, yang merupakan bagian kecil software untuk mengkordinasi setiap perangkat hardware dengan sistem operasinya.
Sekian untuk info untuk mengenai perbedaan windows 32 dan 64 bit. Semoga bermanfaat, TERIMA KASIH :)

Komentar :

ada 0 komentar ke “Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit”

Posting Komentar

Translate

Online

Visit My Blog

Flag Counter _ HTML hit counter - Quick-counter.net

Jumlah Pengunjung

Daftar Blog Partner

Powered By Blogger
 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by FRENZOPUNYA